1.
A.
Mengapa Dan Apa IMK ?
IMK (Interaksi Manusia dan Komputer) adalah disiplin ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia dan komputer yang meliputi perancangan, evaluasi, dan implementasi antarmuka pengguna komputer agar mudah digunakan oleh manusia. Ilmu ini berusaha menemukan cara yang paling efisien untuk merancang pesan elektronik. Sedangkan interaksi manusia dan komputer sendiri adalah serangkaian proses, dialog dan kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk berinteraksi dengan komputer yang keduanya saling memberikan masukan dan umpan balik melalui sebuah antarmuka untuk memperoleh hasil akhir yang diharapkan.
Tujuan interaksi manusia dengan komputer :
a. Untuk mempermudah manusia dalam mengoperasikan komputer dan mendapatkan berbagai umpan balik yang ia perlukan selama ia bekerja pada sebuah sistem komputer. Para perancang antarmuka manusia dan komputer berharap agar sistem komputer yang dirancangnya dapat bersifat akrab dan ramah dengan penggunanya (user friendly).
b. Sebagai contoh, misalnya sebuah komputer lengkap dipasang pada sebuah tempat yang tidak nyaman bagi seorang pengguna yang menggunakan. Atau keyboard yang digunakan pada komputer tersebut tombol-tombolnya keras sehingga susah untuk mengetik sesuatu.
IMK (Interaksi Manusia dan Komputer) adalah disiplin ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia dan komputer yang meliputi perancangan, evaluasi, dan implementasi antarmuka pengguna komputer agar mudah digunakan oleh manusia. Ilmu ini berusaha menemukan cara yang paling efisien untuk merancang pesan elektronik. Sedangkan interaksi manusia dan komputer sendiri adalah serangkaian proses, dialog dan kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk berinteraksi dengan komputer yang keduanya saling memberikan masukan dan umpan balik melalui sebuah antarmuka untuk memperoleh hasil akhir yang diharapkan.
Tujuan interaksi manusia dengan komputer :
a. Untuk mempermudah manusia dalam mengoperasikan komputer dan mendapatkan berbagai umpan balik yang ia perlukan selama ia bekerja pada sebuah sistem komputer. Para perancang antarmuka manusia dan komputer berharap agar sistem komputer yang dirancangnya dapat bersifat akrab dan ramah dengan penggunanya (user friendly).
b. Sebagai contoh, misalnya sebuah komputer lengkap dipasang pada sebuah tempat yang tidak nyaman bagi seorang pengguna yang menggunakan. Atau keyboard yang digunakan pada komputer tersebut tombol-tombolnya keras sehingga susah untuk mengetik sesuatu.
B. Siapa Saja Yang Terlibat Dalam IMK !
Disini IMK
melibatkan berbagai bidang ilmu. Desainer system interaktif yang ideal
harus memiliki keahlian di berbagai bidang seperti :
- Psikolog iilmu kognitif
yang memberikan dasar pengetahuan mengenai presepsi user,
kognitif,kemampuan memecahkan masalah.
- Ergonomi
yang memberikan dasar pengetahuan mengenai kemampuan / karakteristik fisik user.
- Sosiologi
yang membantu pemahaman mengenai konsep interaksi secara luas.
- Ilmu komputer dan tehnik rekayasa untuk membangun teknologi
yang di butuhkan.
- Bisnis
yang memberikan pengetahuan agar mampu memasarkan hasil.
- Desain grafis
agar mampu untuk menghasilkan presentasi yang efektif mengenai interface.
- Technical
writing agar mampumembuat manual.
- Dan
lain – lain.
C. Konsep Dasar IMK !
Pengenalan Konsep IMK :
1. Perubahan Teknologi -> Perlu Metoda Perancangan yang Berbeda.
2. Tantangan Bidang IMK.
3. Sasaran IMK.
4. Peranan IMK -> Produktivitas.
5. Efek Perancangan IMK yang Buruk.
Pengenalan Konsep IMK :
1. Perubahan Teknologi -> Perlu Metoda Perancangan yang Berbeda.
2. Tantangan Bidang IMK.
3. Sasaran IMK.
4. Peranan IMK -> Produktivitas.
5. Efek Perancangan IMK yang Buruk.
Trimaksih Blog ini membantu saya dalam belajar HCI
BalasHapusMy Blog
Penjelasannya singkat, padat,dan jelas ..thx ya..
BalasHapusmyblog