Senin, 31 Oktober 2011

Masalah Sampah

A. PENGERTIAN SAMPAH
    Sampah adalah suatu bahan yang terbuang atau dibuang dari sumber aktifasi manusia maupun alam yan belum memiliki nilai ekonomis. Sampah juga merupakan suatu bahan yang tidak berarti dan tidak berharga, tapi kita tidak mengetahui bahwa sampah juga bisa menjadi suatu yang berguna dan bermanfaat jika diproses secara baik dan benar. Samapah juga bisa berarti suatu yang tidak berguna dan dibuang oleh kebanyakan orang, mereka menganggapnya suatu yang tidak berguna dan jika dibiarkan terlalu lama maka akan menyebabkan penyakit padahal dengan pengolahan sampah secara benar maka bisa menjadikan sampah ini menjadi benda ekonomis. Sebelum semakin banyak masalah sampah yang akan merugikan kita semua, rasanya mulai sekarang kita harus semakin bijak dalam berurusan dengan sampah. Kita dapat memulainya dengan berpikir dulu sebelum membuang sampah. Tentu saja, kita tak lagi harus membuang sampah sembarangan dijalan atau disungai, agar kota kita besih dan terhindar dari banjir maupun penyakit. Kita juga harus memulai selektif memilih-milih sampah yang ada, sampah-sampah yang bias membusuk biar kita serahkan saja pembuangannya ditempat pembuangan akhir. Dengan demikian, tumpukan sampah tidak akan terlalu cepat meninggi karena samaph-sampah itu dapat membusuk dan terurai.
B. JENIS-JENIS SAMPAH
     Sebenarnya sampah meliputi 3 jenis yakni sampah padat, sampah cair, dan sampah dalam bentuk gas (fume, smoke). Seperti setelah dibuatkan batasan diatas bahwa dalam konteks ini hanya akan dibahas sampah padat. Sampah cair yang berupa antara lain air limbah akan dibahas dibagian lain. Sedangkan sampah dalam bentuk gas yang menimbulkan polusi udara seperti asap kendaraan, asap pabrik dan sebagiannya tidak di bahas . Sampah padat  (selanjutnya akan disebut sampah saja) dapat dibagi menjadi beberapa jenis. Berdasarkan zak kimia yang terkandung didalamnya, sampah dibagi menjadi:

A. Samapah Anorganik adalah samapah yang umumnya tidak dapat membusuk, misalnya logam atau besi, pecahan gelas, plasatik, dan sebagainya.
B. Sampah Organik adalah sampah yang umumnya dapat membusuk, misalnya sisa-sisa makanan, daun-daunan, buah-buahan, dan sebagainya.
Berdasarkan karakteristik sampah:
1.     Garbage yaitu jenis sampah hasil pengolahan atau pembuatan makanan, yang umumnya mudah membusuk dan berasal dari rumah tangga, restoran, hotel, dan sebagainya.
2.    Rubbish yaitu sampah yang berasal dari perkantoran, perdagangan, baik yang mudah terbakar seperti kertas, karton, plastik, dan sebagainya, maupun yang tidak mudah terbakar seperti kaleng bekas, klip, pecahan kaca, gelas, dan sebagainya.
3.    Ashes (abu) yaitu sisa pembakaran dari bahan-bahan yang mudah terbakar, termasuk abu rokok.
4.    Sampah jalanan (street sweeping) yaitu sampah yang berasal dari pembersihan jalan yang terdiri dari campuran bermacam-macam sampah, daun-daunan, kertas, plastik, pacahan kaca, besi, debu, dan sebagainya.
5.    Sampah industri yaitu sampah yang berasal dari industry atau pabrik-pabrik.
6.    Bangkai binatang (dead animal) yaitu bangkai binatang yang mati karena alam, ditabrak kendaraan atau dibuang orang.
7.    Bangkai kendaraan (abandoned vehicle) adalah bangkai mobil, sepeda, sepeda motor, dan sebagainya.
8.    Sampah pembangunan (construction waste) yaitu sampah dari proses pembanguna gedung, rumah, dan sebagainya, yang berupa puing-puing, potongan-potongan kayu, besi, beton, bambu, dan sebagainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar